Laman

Kamis, 16 Juni 2016

Madiun kota PECEL


     Karena kota asalku madiun. Jadi kali ini aku mau posting info info tentang Madiun si Kota Pecel. 
 
Madiun adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawatimur, tepatnya ditengah-tengah Solo dan Surabaya. Jadi kalau kalian dari Solo mau ke Surabaya pasti lewat Madiun begitu juga sebaliknya. Asal nama Madiun sendiri adalah dari kata MEDI yang artinya hantu dan
AYUN-AYUN yang berarti berayun. maksudnya adalah bahwa ketika Ronggo Jumeno melakukan "Babat tanah Madiun" terjadi banyak hantu yang berkeliaran. Arti lain dari Madiun sendiri adalah karena nama keris  yang dimiliki oleh Ronggo Jumeno bernama keris Tundhung Medhiun.
Madiun adalah kota yang dijuluki sebagai kota Gadis (Perdagangan, Pendidikan dan Industri)  karena Kota Madiun merupakan kota industri yaitu Industri Kereta Api dan Industri Gamping. Madiun juga dijuluki sebagai kota Pecel karena terkenal dengan makanan khasnya yaitu sambel pecel. Sambel pecel itu sebenarnya sambel kacang karena terbuat dari Kacang yang sudah digoreng dan ditumbuk kemudian dicampurkan dengan bumbu-bumbu hingga jadi yang namanya pecel. Sambel pecel sendiri biasanya digunakan sebagai pelengkap nasi, jadi nasi pecel itu isinya nasi, tempe, rempeyek, sayur (daun ubi/kacang panjang /tauge/timun) dan si sambel pecelnya itu sendiri. Nasi pecel sendiri enak disantap kapanpun, biasanya warga Madiun menjadikan nasi pecel sebagai santapan untuk sarapan. Tidak hanya sarapan, nasi pecel juga bisa dimakan di malam hari. Jadi kalau kalian berkunjung ke Madiun jangan heran kalu banyak warung yang menyajikan nasi pecel tiap pagi ataupun malam.
Makanan khas dari Madiun selain pecel yaitu brem. Banyak pabrik pabrik di madiun yang masih beroprasi untuk membuat brem. Brem berasal dari sari ketan yang sudah difermentasikan. Madiun juga bisa disebut sebagai kota budaya karena masih melestarikan salah satu budaya di Indonesia yaitu pencak silat. Banyak pencak silat yang ada di madiun salah satunya Setia Hati Terate dan Winongo. Selain punya makanan khas, Madiun juga mempunyai minuman khas yaitu Cemoe, Jancu’an dan Brem cair. Dan oleh oleh dari Madiun sendiri yaitu Brem, Madu mongso, Kue satu, dan Lempeng. 
Manfaat dari nasi pecel sendiri adalah :
Yang pertama, nasi. Nasi mengandung karbohidrat yang sederhana. Dengan makan nasi tubuh akan mendapatkan asupan karbohidrat sebagai penambah energi. Jadi supaya tidak lemes di sekolah, dengan makan nasi tubuh akan berenergi. Kantin yang menyediakan nasi jauh lebih baik daripada makanan instan yang banyak mengandung bahan pengawet. Kedua, pecel. Pecel berbahan utama sayuran. Sayuran yang dijadikan campuran dalam pecel biasanya adalah daun ubi, kacang panjang, taoge, dan diberi bumbu kacang.

 kedua dari sayurannya sendiri :
Daun ubi. Daun ubi mengandung betakaroten, antioksidan, antikarsinogen utama, vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor. Serat daun ubi dapat menahan air sehingga dapat mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.
Kacang panjang. Kacang panjang adalah sumber protein yang baik, mengandung vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan. Kacang panjang sangat kaya serat. Serat yang ada dalam kacang panjang adalah serat pektin yang dapat menjaga kadar gula agar tetap normal. Taoge atau kecambah. Taoge atau kecambah adalah sayuran rendah kadar lemak, kaya vitamin C dan folat. Tauge juga mengandung senyawa saponin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kacang tanah. Kacang tanah adalah bahan pokok yang digunakan sebagai bumbu kacang. Kacang tanah mengandung lemak, protein yang tinggi bahkan lebih tinggi dari daging, zat besi, vitamin E, kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Makan kacang tanah bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan memori.

Ketiga, tempe. Tempe merupakan makanan berbahan kedelai yang difermentasi. Makanan yang dikonsumsi oleh Indonesia ini dikenal sebagai makanan anti kangker. Kandungan yang terdapat dalam tempe yaitu kalsium, vitamin B, dan zat besi.



Oke, itu sekilas info soal Madiun yang bisa aku share ke kalian ya.. Jadi jangan lupa mampir ke Madiun juga ya. 

                                                                         Madu Mongso
 
 
                                                                          Kue Satu
 
 
 
Cemoe Madiun


Brem Madiun



Tidak ada komentar:

Posting Komentar